Cara Mengetahui Akun WhatsApp Dibajak dan Cara Memulihkannya

Pembajakan akun WhatsApp akhir-akhir ini sedang hanya dibicarakan. Kasus pembajakan terhadap akun media sosial tersebut dilakukan oleh orang yang tidak dikenal sehingga sangat dikhawatirkan apabila informasi pribadi pengguna dapat bocor dengan mudahnya.

Kejahatan tersebut merupakan bentuk kejahatan yang mengambil hak orang lain. Contohnya yaitu percakapan di akun WhatsApp yang hanya bisa diketahui oleh pengguna akun bisa saja diketahui oleh orang lain. Tentunya, hal tersebut sangatlah berbahaya.

Lalu, bagaimana cara mengetahui bahwa akun WhatsApp sedang dibajak dan bagaimana pula cara mengembalikannya? Untuk penjelasan lebih lanjut, silahkan simak pembahasannya berikut ini.

Cara Mengetahui Akun WhatsApp yang Dibajak

Terdapat beberapa cara di bawah ini untuk mengetahui apakah akun WhatsApp Anda sedang dibajak atau tidak.

1. Akun WhatsApp Web yang Tiba-tiba aktif

Jika akun WhatsApp Web Anda tiba-tiba aktif padahal Anda tidak sedang menggunakan atau mengaktifkannya, hal ini berarti akun yang Anda miliki sedang di bajak oleh orang lain.

Untuk bisa mengetahui Whatsapp Web aktif atau tidak caranya pun sangat mudah, Anda hanya tinggal menekan ikon tiga titik yang berada di kanan atas akun WA. Setelah itu, pilihlah WhatsApp Web, kemudian Anda akan melihat informasi tentang dimana saja akun WA tersebut aktif.

Apabila Anda merasa tidak  aktif menggunakan WhatsApp Web, maka segera klik log out atau keluar untuk menghindari beberapa hal yang tidak diinginkan.

2. Akun WhatsApp Online Sendiri

Ciri berikutnya adalah akun WA yang tiba-tiba online sendiri padahal Anda sedang tidak menggunakannya. Untuk bisa mengetahui hal tersebut, buka kontak WA Anda pada hp orang lain.

3. Pesan yang Terbaca

Merasa bahwa pesan yang dikirim oleh teman tiba-tiba udah terbaca padahal Anda belum membacanya? Bisa jadi akun tersebut sedang mengalami pembajakan jarak jauh.

4. Adanya Pesan Asing yang Terkirim

Tanda akun WhatsApp berikutnya adalah adanya pesan asing yang terkirim ke roang lain padahal Anda tidak merasa bahwa Anda mengirim pesan tersebut.

5. Akun WhatsApp yang Tiba-tiba Keluar Sendiri

Terakhir adalah akun yang tiba-tiba keluar atau log out dengan sendirinya. Hal tersebut merupakan tanda bahwa akun Anda sedang dibajak. Ini karena akun WA tidak bisa digunakan dalam dua buah HP secara bersamaan.

Selain itu, pemilik akun juga akan menerima kode One Time Password (OTP) via SMS secara tiba-tiba. Nah, untuk bisa log in ke dalam akun WA seseorang harus menggunakan kode OTP tersebut.

Cara Mengamankan Akun WhatsApp Agar Tidak Mudah untuk Disadap

Ada beberapa hal penting yang bisa dilakukan agar akun tersebut tidak disadap, seperti;

1. Aktifkan Pindai Sidik Jari

Dengan menggunakan pemindaian sidik jari bisa menjadi benteng ampuh agar orang lain tidak mudah masuk ke dalam akun WA Anda. Cara mengaktifkannya ialah dengan pilih tanda titik tiga di akun WhatsApp yang berada di sebelah kanan atas, kemudian klik sidik jari dan aktifkan. Daftarkan sidik jari Anda kemudian pilih berapa lama waktu aplikasi tersebut akan diaktifkan.

2. Aktifkan Verifikasi Dua Faktor

Cara mengaktifkannya dengan klik ikon titik tiga yang berada di kanan atas, lalu pilih setting, account dan two step verification. Pilihlah enable lalu masukkan enam kode yang Anda inginkan beserta alamat email untuk memulihkan kode jika pengguna akun lupa.

3. Nonaktifkan Akun

Berikutnya ialah dengan mengirim email [email protected], dalam email tersebut jelaskan jika pengguna akun ingin menonaktifkan akun tersebut. Apabila akun sudah nonaktif, maka pengguna diberi kesempatan selama 30 hari untuk memulihkannya sebelum akun tersebut dihapus.

4. Keluar dari WA Web

Keluarlah dari akun WhatsApp Web dengan cara log out dengan menggunakan HP atau laptop. Cara ini dilakukan jika ada pengguna lain yang mencurigakan.

Demikian cara untuk mengetahui bagaimana sebuah akun WhatsApp dibajak dan cara mengatasinya. Nah, semoga pembahasan ini dapat memberikan manfaat untuk Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *