Cara Membuat Toko Online Mulai Dari Yang Gratis Sampai Dengan Berbayar

Pada dasarnya bisnis offline atau bisnis online memiliki kesamaan. Yaitu membutuhkan sebuah tempat untuk menunjukan produk / layanan mereka. Nah jika di dunia offline saat kita ingin mencoba berjualan sebuah produk pasti minimal kita ada lokasi sebagai showcase produk-produk Anda. Nah sebenarnya prosesnya sama seperti kita bisnis offline, di dunia online pun kita juga harus demikian.

Perbedaannya adalah, kalau offline cenderung biaya lebih mahal. Karena kita perlu membangun toko atau sewa ruko sebagai showcase Anda.

Kalau di dunia online, Anda bisa membangun / membuat showcase mulai dari gratis sampai dengan berbayar. Misalkan berbayarpun kemungkinan masih lebih murah budgetnya daripada di dunia offline.

Ok kita mulai belajar ya…

Showcase Gratis

Ada beberapa website dan sosial media yang bisa Anda jadikan sebagai showcase di Internet.

#1 Facebook Fanspage

Berikut ini adalah tutorial tentang cara membuat sebuah halaman / fanspage facebook.
 
Pertama : Silahkan anda login ke facebook anda terlebih dahulu sehingga tampilan seperti di bawah ini. Setelah itu pilih menu tanda panah di pojok kanan atas, kemudian pilih “Buat Halaman”
 
Kedua : Nah setelah masuk ke menu selanjutnya silahkan pilih halaman anda termasuk dalam halaman apa? Tempat atau bisnis lokal, Perusahaan, Produk, Artis, Hiburan, Komunitas? Pilih sesuai yang anda inginkan. Misalnya pilih “artis” klik artis.
 
Ketiga : Nah setelah anda memilih artis maka akan tampil seperti di bawah ini. Ada banyak pilihan dalam kategori artis, silahkan pilih sesuai yang anda inginkan. Seperti contoh di bawah Artis dengan nama Syahrini.
 
Keempat : Nah form selanjutnya tampilan seperti di bawah ini. Silahkan isi kata-kata tentang artis tersebut, jika mempunyai web silahkan cantumkan, dan alamat facebook sekalian.
 
Kelima : Nah silahkan unggah foto untuk fanspage anda seperti gambar di bawah ini. NB : maaf kalo bukan foto syahrini.
 
Keenam :Dan selanjutnya isikan semua sesuai perintah di form, lakukan hingga selesai hingga yang terakhir “Simpan”
 
Ketujuh : Nah Halaman Sudah selesai lalu silakan posting informasi mengenai produk/jasa Anda di kolom yang tersedia.
 

#2 Instagram

Bagaimana cara membuat akun Instagram?
Untuk membuat akun Instagram dari aplikasi:

  1. Download aplikasi Instagram untuk iOS dari App Store, Android dari Google Play Store atau Windows Phone dari Windows Phone Store.
  2. Setelah aplikasi terinstal, tekan  untuk membukanya.
  3. Ketuk Mendaftar Dengan Email atau Nomor Telepon, lalu masukkan alamat email atau nomor telepon Anda (yang memerlukan kode konfirmasi) dan ketuk Next. Anda juga dapat menekan Log in dengan Facebook untuk mendaftar dengan akun Facebook Anda.
  4. Jika Anda mendaftar dengan email atau nomor telepon Anda, buat nama pengguna dan kata sandi, isi info profil Anda lalu ketuk Selesai. Jika Anda mendaftar dengan Facebook, Anda akan diminta untuk masuk ke akun Facebook Anda jika Anda saat ini keluar.

Untuk membuat akun Instagram dari komputer:

  1. Buka instagram.com.
  2. Masukkan alamat email anda, buat username dan password atau klik Log in dengan Facebook untuk mendaftar dengan akun Facebook anda.
  3. Jika Anda mendaftar dengan email, klik Sign up. Jika Anda mendaftar dengan Facebook, Anda akan diminta untuk masuk ke akun Facebook Anda jika Anda saat ini keluar.

Jika Anda mendaftar dengan email, pastikan Anda memasukkan alamat email Anda dengan benar dan memilih alamat email yang hanya bisa Anda akses. Jika Anda log out dan lupa kata sandi Anda, Anda harus dapat mengakses email Anda untuk kembali ke akun Instagram Anda.

 

#3 Blogspot

Kalau nomor 1 dan 2 Anda membuat showcase gratis di media sosial, nah nomor 3 ini Anda akan belajar membuat showcase berupa website/blog dengan aplikasi gratis Blogspot.

Caranya adalah :

Untuk cara membuat blog di Blogspot gratis, silahkan menuju blogger.com dan login menggunakan akun Google. Pastikan Anda sudah memiliki akun Google (akun Gmail). Setelah anda mempunyai akun gmail atau akun google, silahkan kunjungi ” www.blogger.com ” dan kita akan melihat halaman login seperti gambar berikut.

Setelah itu Anda akan diminta login menggunakan akun gmail Anda.

Setelah login Anda akan menghadapi pilihan untuk menggunakan identitas, kita dapat memilih profil Google plus atau menggunakan profil Blogspot. Lebih di sarankan memilih profil Google plus.

Setelah profil lengkap, langsung tekan tombol ” Lanjutkan ke Blogger “.

Setelah itu kita akan melihat halaman membuat blog di blogspot seperti gambar berikut. Pada halaman ini kita akan melihat daftar blog yang telah dibuat, karena kita baru akan memulai dalam membuat blog maka kita belum melihat daftar blog tersebut, untuk memulai membuat blog silahkan klik tombol ” Blog Baru “.

Memberi Nama dan Alamat Blog di Blogspot/blogger

Setelah kita klik tombol ” Blog Baru ” kita akan melihat sebuah halaman baru untuk memulai dengan menambahkan nama dan memilih nama domain.

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar membuat blog di blogspot berikut:

Keterangan nomor pada gambar

  • Nomor 1 adalah tempat kita untuk memberi judul atau nama blog
  • Nomor 2 adalah tempat kita untuk memberi alamat blog kita
  • Nomor 3 adalah tempat kita untuk memilih template blog kita, kita bisa merubah-nya nanti pada halaman template, jadi untuk sementara pilih saja yang standar
  • Nomor 4 merupakan keterangan alamat blog yang kita ketik tersedia atau tidak, pastikan alamat blog tersedia.
  • Nomor 5 adalah tombol untuk mengakhiri , tekan tombol ini jika anda sudah merasa puas dengan nama dan alamat yang anda pilih.

Sekarang Anda sudah bisa mulai menulis dan mempromosikan produk atau jasa Anda secara gratis di internet dengan membuat showcase di blogspot.

# WordPress

WordPress adalah aplikasi membuat website/blog gratis yang bisa Anda jadikan showcase Anda di Internet.

Cara Membuat Showcase Di WordPress.Com

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1). Klik link ini >> www.WordPress.com. Setelah terbuka, nanti akan muncul form seperti gambar dibawah ini.

cara membuat wordpress

Pilihlah nama blog Anda pada kolom tersebut, nantinya nama ini adalah alamat yang akan digunakan oleh orang lain untuk mengunjungi blog WordPress.com Anda. Jika sudah, lanjutkan dengan mengklik tombol “Buat Situs Web”.

Informasi penting!Nama blog ini hanya bisa digunakan oleh satu pengguna saja, sehingga jika Anda sudah memasukkan nama blog tetapi sistem WordPress menolaknya, besar kemungkinan sudah ada pengguna yang menggunakan nama blog yang hendak Anda masukkan tadi. Untuk itu, cobalah nama lain dan cari yang sedikit unik, sehingga bisa diterima oleh pihak WordPress.

2). Setelah itu, akan muncul form seperti berikut. Isi kolom-kolom tersebut menggunakan informasi yang benar. Nantinya informasi seperti email, nama pengguna (username), dan password, akan selalu Anda gunakan ketika hendak masuk ke halaman panel kontrol blog WordPress milik Anda.

cara membuat wordpress

3). Pada kolom Alamat Surel (Email), pastikan Anda menggunakan alamat email yang aktif, dan sering Anda buka. Karena WordPress akan mengirimkan konfirmasi pendaftaran yang dikirimkan melalui email tersebut. Jika Anda belum punya email, mohon buatlah email terlebih dahulu. Bisa di Yahoo, Google, atau yang lain.

4). Pada kolom Nama Pengguna (Username), pilih nama pengguna yang Anda sukai. Mohon untuk diingat baik-baik, jangan sampai lupa, karena nama pengguna ini sifatnya eksklusif dan hanya bisa digunakan oleh satu pengguna saja. Jika username pilihan Anda ditolak, cari nama lain hingga diterima.

5). Pada kolom Kata Sandi atau password, buatlah kata yang sedikit unik, yang kira-kira Anda selalu ingat, namun tidak mudah ditebak oleh orang lain.

6). Nah, jika nama blog yang Anda masukkan tadi tersedia dan bisa diterima oleh WordPress, maka pada kolom Alamat Blog ini akan tertera nama blog pilihan Anda dengan ditandai tanda centang berwarna hijau. Namun jika nama pilihan Anda sudah dipakai oleh pengguna lain, maka akan muncul tanda centang berwarna merah.

7). Jika pengisian informasi pada kolom-kolom di atas sudah selesai, scroll ke bawah mouse pointer Anda, sehingga di tampilan layar laptop / PC Anda terlihat tabel seperti berikut.

cara membuat wordpress

Klik tombol “Buat Blog” yang saya tandai dengan panah merah, karena kita akan membuat versi blog WordPress yang gratisan. dan WordPress akan mengirimkan email konfirmasi berkaitan dengan akun yang baru saja Anda daftarkan.

8). Nah, sekarang saatnya Anda melakukan penyesuaian terhadap blog yang hendak Anda pakai. Kurang lebih ada 4 langkah yang bisa Anda ikuti, silahakan klik pada gambar:

// SESUAIKAN JUDUL BLOG

cara membuat wordpress

// PILIH TEMA BLOG

cara memilih themes

// SESUAIKAN TEMA YANG SUDAH DIPILIH

cara setting themes wordpress

// HUBUNGKAN DENGAN SOCIAL MEDIA

4. Hubungkan dengan social media

TIPS:
Langkah-langkah di atas merupakan opsional / tidak wajib, sehingga Anda bisa mengaturnya kembali nanti. Klik tombol “Langkah Berikutnya” untuk mempercepat proses. Jika sudah selesai, nanti Anda akan dibawah ke halaman admin panel blog, dan pastikan Anda melihat notifikasi seperti berikut:

cara membuat wordpress

9). Sekarang buka email yang tadi Anda gunakan untuk registrasi di WordPress.com. Klik link aktivasi di email Anda. Jika Anda tidak menemukan email dari WordPress, coba cari di folder spam atau bulk email. Ini contoh email yang dikirimkan oleh WordPress.

cara membuat wordpress

10). Nah, apabila akun Anda sudah aktif, maka akan muncul pesan seperti dibawah ini.

cara membuat wordpress

(Itu adalah contoh halaman panel blog WordPress milik saya, dengan nama: jasawebukm.wordpress.com)

Ya, kurang lebih begitulah cara membuat website WordPress di WordPress.com secara singkat. Semoga Anda memahami.. 🙂

Ok, ada 4 tools gratis di atas yang saya recomendasikan untuk Anda yang ingin membuat showcase secara gratis di Internet. Nah berikut ini adalah cara membuat showcase yang berbayar, memang ada banyak perbedaan antara yang gratis dan berbayar.

Pastinya yang berbayar lebih premium dan terlihat lebih profesional, seperti alamat showcase nya misalkan Anda punya salon kecantikan, jika Anda ingin membuat showcase berbayar Anda bisa menamai sendiri website Anda misal : rumahcantiksharly.com

Brand Anda akan semakin kuat dengan showcase yang berbayar. Ok langsung saja kita ke materinya..

Showcase Berbayar

#1 Beli Domain & Hosting

Saya merekomendasikan situs untuk order domain di idwebhost, karena harganya sedikit lebih murah di sini.

1. Buka Idwebhost.com dan masukkan nama domain yang akan Anda order melalui kolom pengecekkan ketersediaan domain. Jika yang muncul warna hijau dan ada tulisan Available maka bisa diorder. Jika muncul warna merah dan tertulis Domain Exist maka tidak bisa diorder.

2. Selanjutnay klik Order Now!!! dibawah tulisan Available.

3. Klik menu order.

4. Masuk pada Langkah 2a dari 3. Pada bagian isian ini diisikan dahulu data order dan data diri yang akan dilakukan. Untuk mengubah Lama Kontrak Domain, Paket Hosting, dan Lama Kontrak caranya dengan klik edit kemudian menunya bisa diganti. Setelah data terisi penuh kemudian tekan Next.

 

5. Pada tahapan selanjutnya ada beberapa layanan tambahan yang ditawarkan diantaranya : 50 Iklan Indonesia Submission, Google Index, 25 Social Bookmarking Submission, Whois Privacy. Jika tidak berminat bisa diabaikan dan klik Next.

6. Masuk ke Langkah 3 dari 3. Pada tahapan ini ada rincian tentang data dan harga dari yang telah diorder. Jika telah akan melakukan order atas nama domain yang lainnya bisa ditekan Belanja Lagi, jika telah cukup maka bisa ditekan Check Out.

7. Untuk yang akan melakukan pembayaran melalui Paypal maka bisa langsung di klik pada ikon paypal.

8. Bagi yang akan melakukan pembayaran melalui Transfer Bank, maka bisa mengecek di email mengenai tagihan dan nomor rekening tujuan pembayaran.

9. Setelah pembayaran bisa melakukan konfirmasi melalui form ( http://idwebhost.com/Hosting_Konfirmasi ) , atau bisa melalui Live Chat dengan Department Billing atau bisa juga sms ke no 085729999951 dengan menginformasikan nama domainjumlah yang ditransfer dan bank tujuannya.

#2 Instal CMS WordPress

WordPress di sini berbeda dengan WordPress di atas, kalau WordPress di atas adalah kita menggunakan web/blog gratis dengan WordPress contoh : rumahcantiksharly.wordpress.com (GRATIS), nah kalau di sini adalah kita memakai CMS WordPress sebagai aplikasi website kita sendiri secara berbayar contoh : rumahcantiksharly.com (BERBAYAR).

Berikut Langkah-langkah untuk instalasi CMS WordPress di Cpanel yang di sediakan IDWebhost :

1. Silahkan login ke cpanel anda. akses login cpanel dengan : domainanda.com/cpanel , login dan password cpanel bisa di cek di email terdaftar atau bisa juga di lihat di member.idwebhost.com . Setelah login silahkan cari Softaculous kemudian klik :

Untitled

2. Setelah di klik maka akan muncul banyak aplikasi CMS yang bisa di installkan di cpanel anda. silahkan bisa arahkan cursos anda ke CMS WordPress :

Untitled

3. Setelah cursor di letakkan di WordPress maka akan muncul beberapa pilihan yaitu InstallDemo dan Overview. Klik Install untuk langsung melakukan Instalasi. Demo untuk melihat contoh tampilan wordpress dan Overview untuk melihat info terkait CMS WordPress. Untuk mempersingkat kita akan langsung klik Install.

Untitled

4. Setelah klik Install maka akan muncul kolom di bawah ini. Yang perlu di perhatikan adalah

  • pada kolom “IN DIRECTORY” silahkan di HAPUS tulisan “WP” nya.
  • Login silahkan bisa di ganti sesuai keinginan anda
  • Password silahkan bisa di ganti sesuai keinginan anda
  • Admin Email silahkan bisa di masukkan email aktif anda

Untitled

5. Setelah di rasa sudah sesuai keinginan anda. anda bisa scroll ke bagian paling bawah lalu klik Install. Akan muncull diagram proses instalasi seperti berikut :

Untitled

6. Setelah proses selesai akan muncul seperti gambar di bawah ini. Anda tinggal masuk ke dashboard admin anda : domainanda.com/wp-admin atau domainanda.com/wp-login.php untuk melakukan posting, editing, ubah theme dll

UntitledOk sampai di sini materi kali ini, jika ada yang ingin Anda tanyakan silahkan, kirimkan pertanyaan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat, dan Salam 100 Juta.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.